KPU Karimun Sosialisasikan Tahapan Pencalonan DPRD dan Bimtek Aplikasi Silon Kepada PArtai Politik Peserta Pemilu Tahun 2019

Minggu, 10 Juni 2018 bertempat di Hotel Aston Tanjung Balai Karimun, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun melaksanakan kegiatan Sosialisasi Tahapan Pencalonan Anggota DPRD Kabupaten/Kota dalam Pemilihan Umum Serentak Tahun 2019 serta Bimbingan Teknis Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (SILON) Tipe Pengguna Partai Politik. Kegiatan ini dilaksanakan mulai pukul 13.00 WIB sampai dengan selesai. Peserta dalam kegiatan ini meliputi pengurus partai terdiri yang dari dua (2) orang yang telah dimandatkan oleh partai sebagai operator Silon dan petugas penghubung atau LO partai. Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh ketua dan anggota Panwaslu Kabupaten Karimun, serta Kepala Bidang Politik Kesbangpol Kabupaten Karimun.

Kegiatan sosialisasi dan bimtek ini dibuka oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Karimun Ahmad Sulton, SP. Dalam sambutannya Sulton menyampaikan bahwa kegiatan ini memiliki esensi yang sangat penting dalam suksesnya penyelenggaraan Pemilu di Kabupaten Karimun tahun 2019 nanti. Sosialisasi ini kita fokuskan kepada pencalonan anggota DPRD kabupaten/kota. Adapun Dasar regulasi yang akan digunakan dalam pencalonan ini tentunya menggunakan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU), dan informasi untuk kita bersama bahwasanya KPU RI telah menyerahkan 2 PKPU kepada Kementrian Hukum dan HAM yaitu PKPU nomor 16 dan 17 yang terkait dengan pencalonan dan kampanye, tentunya ini adalah PKPU yang dinanti-nantikan sebagai bentuk kepastian hukum untuk penyelenggara, peserta dan panwas dalam pelaksanaan dua tahapan tersebut.

Selanjutnya Sulton juga memberikan informasi pada tahapan Pemilu berdasarkan PKPU nomor 5 tahun 2018 bahwasanya untuk persiapan pencalonan itu sudah bisa kita mulai 30 hari sebelum dibukanya jadwal pendaftaran yaitu pada tanggal 4 Juni 2018. Sulton juga menyampaikan kepada peserta Pemilu khususnya partai politik dapat berperan aktif dalam mengikuti kegiatan ini, dan menggunakan waktu semaksimal mungkin karena hal ini tentunya akan sangat berpengaruh pada proses pendaftaran pencalonan yang menggunakan Aplikasi Silon sehingga partai politik dapat langsung melanjutkan persiapan pencalonan.

Kegiatan sosialisasi ini dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh dua narasumber dan dipandu oleh moderator yaitu Bapak Ahmad Sulton, SP. Pada sesi pertama materi disampaikan oleh Ketua Divisi Teknis Pemilu Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Karimun yaitu Bapak Eko Purwandoko, SH dengan tema materi Mekanisme dan Persyaratan Pengajuan Bakal Calon Anggota DPRD Kabupaten. Pada sesi ke dua materi disampaikan oleh Kepala Sub Bagian Teknis Pemilu dan Hupmas Kabupaten Karimun yaitu Ibu R. Dwi Ajeng Indriaswuri, S.IP. Materi yang disampaikan merupakan tata cara penggunaan aplikasi silon tipe pengguna partai politik. Dalam penyampaiannya Ajeng juga mengajak peserta bimtek mempraktekkan aplikasi SILON dengan akun uji coba sehingga peserta lebih mengerti tata cara penggunaan aplikasi tersebut. Peserta sosialisasi dan bimtek mengikuti diskusi dengan antusias, ini terlihat dari keaktifan peserta dalam memberikan pertanyaan juga saran berkenaan dengan tahapan pencalonan dalam Pemilihan Umum Serentak Tahun 2019 serta penggunaan aplikasi SILON yang telah dipaparkan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*