KPU Kabupaten Karimun Melaksanakan Verifikasi Faktual Syarat Dukungan Calon Anggota DPD

Tahapan Verifikasi Faktual syarat dukungan pemilih perseorangan calon peserta Pemilihan Umum anggota DPD Tahun 2019 telah dimulai, sesuai dengan peraturan KPU No 5 tahun 2018 tentang tahapan dan jadwal Pemilu serentak tahun 2019 yaitu tanggal 31 Mei sampai dengan 19 Juni 2018. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun melaksanakan kegiatan tersebut mulai tanggal 3 Juni 2018 sampai dengan 6 Juni 2018.

Kegiatan ini dimulai dengan verifikasi faktual terhadap sampel syarat dukungan yang terdapat di luar pulau karimun pada tanggal 3 s/d 4 Juni 2018 yakni kecamatan kundur, kundur barat, kundur utara, belat, ungar, Moro dan durai. Dan pada tanggal 5 s/d 6 Juni 2018 untuk kecamatan di dalam pulau Karimun.

Jumlah syarat dukungan calon perseorangan anggota DPD tersebar di dua Belas (12) kecamatan yaitu Kecamatan Karimun, Tebing, Meral, Meral Barat, Buru, Kundur, Kundur Utara, Kundur Barat, Ungar, Belat, Moro dan Durai, yang jumlahnya terdapat  3.630 dukungan. Adapun 10 persen sampel dukungan yang akan diverifikasi faktual berjumlah 363 dukungan, dan sampel terbanyak di antaranya berada di Kecamatan Karimun.

Pada pelaksanaan verifikasi faktual tersebut, Kpu Kabupaten Karimun berkoordinasi dengan panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) sebagai petugas verifikator dimana sampel tersebut berada di kelurahan/desa tersebut.

Dalam hal ini, Koordinator Divisi Hukum Fahrurrazi menyatakan bahwa verifikasi faktual ini dilakukan dengan cara door to door mengunjungi alamat dan tempat tinggal sesuai yang tercantum dalam salinan KTP dan daftar lampiran dimana petugas verifikator mencocokkan fotocopy KTP dan daftar nama sampel dukungan dengan KTP aslinya, serta kebenaran dari sampel tersebut apakah benar mendukung calon anggota DPD yang dimaksud. Jika sampel mendukung calon anggota DPD yang bersangkutan maka sampel membubuhkan tanda tangan di lampiran 2 model BA.FK. KPU Kab/Kota-DPD, dan jika sampel tersebut tidak mendukung anggota DPD yang bersangkutan maka petugas verifikator menyediakan form surat pernyataan tidak mendukung yakni formulir f3-DPD.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*