KPU Kabupaten Karimun Hadiri Bimtek Penggunaan Aplikasi SILON

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia menggelar Bimbingan Teknis Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Pecalonan (SILON) kepada Operator di tingkat KPU Provinsi maupun KPU Kabupaten Kota, yang bertempat di Hotel Swissbel Mangga Besar-Jakarta Pusat, dimulai dari tanggal 29 Mei 2018 sampai tanggal 5 Juni 2018. Turut hadir perwakilan dari KPU Kabupaten Karimun, yaitu Kasubag Teknis Pemilu dan Hupmas dan Operator SILON, dimana KPU Kabupaten Karimun termasuk dalam Bimtek gelombang I (29-30 Mei 2018).

SILON merupakan suatu bentuk transparasi KPU dalam melaksanakan tahapan Pencalonan dalam Pemilu tahun 2019. Ketua KPU RI Arief Budiman dalam sambutannya mengatakan Melalui Silon ini nanti, masyarakat dapat mengakses calon-calon anggota DPR, DPD, dan DPRD, dari partai mana, ijazahnya apa, dan riwayatnya, sehingga masyarakat dapat informasi yang jelas akan calon-calon yang akan dipilihnya.

Untuk penggunaan SILON ditingkat Kabupaten/Kota, Operator SILON KPU Kabupaten/Kota akan membuatkan akun SILON untuk masing-masing Partai Politik Peserta Pemilu Tahun 2019 berdasarkan permintaan melalui petugas penghubung Partai Politik. Setelah mendapatkan akun, operator SILON Partai Politik sudah dapat memulai mengisi data Calon dan mengunggah dokumen yang dipersyaratkan dalam proses pencalonan. Tahapan ini sudah bisa dimulai pada 30 hari sebelum hingga hari terakhir masa pengajuan daftar calon.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*