KPU Kabupaten Karimun Hadiri Bimtek Pencalonan Anggota DPR, DPD, dan DPRD Pemilu 2019

 

Dalam rangka persiapan tahapan Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia menggelar Bimbingan (Bimtek) Pencalonan Anggota DPR, DPD dan DPRD pada Pemilu 2019, di Tangerang, Banten, Sabtu (19/5/2018).  Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh KPU Kabupaten Karimun, yang di wakili oleh Ketua Divisi Teknis Pemilu, Eko Purwandoko dan Kasubbag Teknis Pemilu dan Hupmas R. Dwi Ajeng Indriaswuri.

Ketua KPU RI Arief Budiman dalam sambutannya mengatakan hingga saat ini pembahasan draft Peraturan KPU (PKPU) tentang pencalonan ini belum selesai pembahasannya bersama pemerintah dan Komisi II DPR RI. Meskipun draft PKPU belum selesai dibahas, namun menurut Arief bimtek tetap dilaksanakan, dengan pertimbangan diharapkan substansi yang diatur di PKPU tidak berubah. Dan apabila ada perubahan-perubahan, maka pihaknya siap menyesuaikan.

Kegiatan ini dibagi menjadi empat gelombang, dimana KPU Kabupaten Karimun mendapat gelombang pertama. Bimtek pencalonan ini dilaksanakan selama dua hari. Di hari pertama (19 Mei 2018), di isi materi tentang Tata Cara Pencalonan dalam Pemilu Anggota DPR dan DPRD yang disampaikan oleh Anggota KPU Pramono Ubaid Tanthowi. Selanjutnya materi Tata Cara Pencalonan dalam Pemilu Anggota DPD yang disampaikan oleh Kepala Biro Teknis Nur Syarifah. Materi ketiga di isi oleh Kepala Bagian PAW tentang Pengelolaan Data Pencalonan Pemilu.

Memasuki hari kedua (20 Mei 2018), diawali pretest seputar proses pencalonan. Selanjutnya disampaikan materi Overview SILON (Sistem Informasi Pencalonan) Pemilu. Terkait penggunaan SILON, Partai Politik diberikan waktu tiga puluh hari sebelum masa pengajuan bakal calon sampai dengan hari terakhir masa pengajuan bakal calon untuk memasukkan data dan mengunggah dokumen bakal calon Anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota ke dalam aplikasi SILON. Selanjutnya dilakukan diskusi pendalaman potensi masalah pencalonan Pemilu. Acara diakhiri dengan posttest oleh seluruh peserta Bimtek.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*