KPU Karimun Klarifikasi Syarat Dukungan DPD

KPU Kabupaten Karimun melakukan klarifikasi terhadap adanya dugaan kegandaaan pada syarat dukungan bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) pada Pemilihan Umum tahun 2019. Pelaksanaan klarifikasi ini dilakukan dengan menemui secara langsung pendukung calon DPD dengan prinsip door to door.

Ketua Divisi Hukum KPU Kabupaten Karimun, Ir. Fahrur Razi menyatakan bahwa tahapan ini dilakukan setelah KPU Kabupaten Karimun menerima data dari KPU Provinsi Kepulauan Riau melaui aplikasi SIPPP tentang adanya pendukung yang terindikasi ganda untuk satu calon maupun antar calon. Adapun data yang diterima berjumlah 54 pendukung dan tersebar di 9 kecamatan yang ada di Kabupaten Karimun.

Dalam Peraturan KPU Nomor 14 Tahun 2018 tentang Pencalonan Perseorangan Peserta Pemilihan Umum Anggota Dewan Perakilan Daerah, salah satu tugas KPU Kabupaten/Kota adalah melaksanakan klarifikasi dan verifikasi terhadap data pendukung yang telah diserahkan kepada KPU Provinsi.

Pelaksanaan klarifikasi ini melibatkan jajaran sekretariat KPU Kabupaten Karimun, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) serta berkoordinasi dengan RT dan RW setempat dan Panwaslu Kabupaten Karimun beserta jajarannya.

Bakal Calon Anggota DPD yang telah menyerahkan syarat dukungan ke KPU Provinsi Kepulauan Riau dan saat ini sedang diteliti berkas administrasinya adalah Ria Saptarika, H. Darma Setiawan, Alfin, S.Pt, MH, Drs. Surya Makmur Nasution, M.Hum, Muhammad Nabil, Syahrial, SE, Dr. H. Hardi Selamat Hood, Haripinto, Riky Solihin, Sabar Hasibuan, Dr. H. Richard Pasaribu, BSc, MSc, H. Sukhri Farial, SH, H. Alias Wello, S.IP, Moch. Nasrudin dan Ir. Mustofa Widjaya. (Admin)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*