Sosialisasi Tahapan Pemutakhiran Data Dan Penyusunan Daftar Pemilih Dalam Pemilihan Umum Serentak Tahun 2019

Selasa Tanggal 08 Mei 2018 bertempat di Hotel Aston Tanjung Balai Karimun Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun melaksanakan kegiatan Sosialisasi Tahapan Pemutakiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih dalam Pemilihan Umum Serentak Tahun 2019. Acara dimulai pukul 09.00 WIB sampai dengan selesai. Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah peserta yang terdiri dari Panwaslu Kabupaten Karimun, jajaran FKPD se-Kabupaten Karimun, LSM, OKP, Ormas dan Paguyuban Masyarakat serta organisasi pers yang ada di Kabupaten Karimun.

Kegiatan dibuka oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Karimun Ahmad Sulton, SP. Dalam sambutannya Sulton menyampaikan bahwa pada kegiatan ini juga sebagai upaya memperluas informasi dan pembinaan berkenaan dengan Pemilihan Umum serentak tahun 2019. Saat ini jumlah data pemilih berdasarkan DP4 yang diterima oleh KPU Kabupaten Karimun yaitu berjumlah 183.998 data pemilih yang sedang dimutakhirkan di lapangan. Para pantarlih Kabupaten Karimun telah melaksanakan hampir 90 % pemutakhiran data, sedangkan jumlah TPS yang telah disusun berdasarkan Model A untuk sementara berjumlah 780 TPS, namun ini bisa saja berubah sesuai dengan kondisi hasil coklit yang sedang dilakukan oleh jajaran Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Karimun. Saat ini KPU Kabupaten Karimun juga menunggu masukan atau tanggapan dari masyarakat berkenaan dengan rumah atau warga yang mempunyai hak pilih namun belum didatangi atau didata oleh jajaran KPU Kabupaten Karimun. Hal ini dapat disampaikan kepada Pantarlih, PPK, PPS bahkan dapat langsung disampaikan ke KPU Kabupaten Karimun.

Dalam sambutannya Sulton juga menghimbau kepada seluruh pihak yang hadir pada kegiatan ini untuk menginformasikan kepada seluruh lapisan masyarakat tentang pemutakhiran data pemilih ini. Sehingga seluruh lapisan masyarakat dapat memberikan kontribusi yang positif, konsumtif dalam menghasilkan proses penyusunan daftar pemilih yang berkualitas di Kabupaten Karimun.

Kegiatan sosialisasi ini dilanjutkan dengan pemaparan materi. Pada sesi pertama materi disampaikan oleh Ketua Divisi Program Data Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Karimun yaitu Bapak Samsir dan dipandu oleh moderator yaitu Bapak Eko Purwandoko, SH. Materi yang disampaikan merupakan informasi yang berkenaan dengan Pemutakiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih serta perkembangan pencocokan penelitian data yang telah dilaksanakan oleh Pantarlih se-Kabupaten Karimun.

Pada sesi kedua, materi disampaikan oleh Narasumber yang merupakan perwakilan dari Dinas Kependudukan Catatan Sipil yaitu Bapak Iwan Susila, SH dan dipandu oleh moderator yaitu Bapak Ahmad Sulton, SP. Pada sesi ini narasumber dan peserta kegiatan berdiskusi mengenai peran dan dukungan Disduk Capil dalam menyiapkan data pemilih dalam pelaksanaan Pemilihan Umum Serentak tahun 2019. Mengawali diskusi pada sesi ini, Iwan Susila, SH memaparkan Data kependudukan Kabupaten Karimun dan beberapa kegiatan yang dilakukan Disduk Capil Kabupaten Karimun dalam rangka percepatan perekaman dan penerbitan KTP-el serta menjelaskan pemanfaatan data kependudukan untuk pembangunan demokrasi.

Peserta mengikuti diskusi dengan antusias, ini terlihat dari keaktifan peserta dalam memberikan pertanyaan juga saran berkenaan dengan Tahapan Pemutakiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih dalam Pemilihan Umum Serentak Tahun 2019.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*