PELAKSANAAN APEL COKLIT SERENTAK PEMILU TAHUN 2019

Komisi pemilihan umum (KPU) kabupaten karimun melaksanakan apel serentak untuk melepas panitia pendaftaran pemilih (PANTARLIH) dengan jumlah 780 orang. Pelaksanaan apel serentak coklit dilaksanakan dihalaman kantor KPU Kabupaten Karimun di kawasan Sei Lakam pada tanggal 17 April 2018. Apel serentak ini diikuti oleh seluruh anggota komisioner beserta staff KPU, ketua dan anggota PPK, ketua dan Anggota PPS serta para undangan dan para pantarlih. Proses pencocokan dan penelitian Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) tersebut dilaksanakan sejak 17 April hingga 17 Mei mendatang.

Ketua KPU Kabupaten Karimun, Ahmad Sulton, SP mengatakan para Pantarlih tersebut akan ditempatkan di 780 TPS yang tersebar di seluruh wilayah Karimun.

“Jadi setiap Pantarlih akan menempati satu TPS. Mereka akan ditarget pada hari pertama wajib ke lima rumah,” katanya.

Jumlah TPS di Kabupaten Karimun untuk tahun 2019 mengalami penambahan. Sebelumnya pada Pemilu tahun 2014 TPS di Karimun berjumlah sebanyak 391, 460 TPS pada saat Pilpres dan 450 TPS pada saat Pilkada.

Penambahan jumlah tersebut dikarenakan setiap TPS hanya akan diisi oleh 300 pemilih saja. Sedangkan pada pemilu sebelumnya, jumlah maksimal mencapai 800 pemilih. Apabila nantinya melebihi jumlah 300 maka pemilih akan dipindahkan ke TPS terdekat atau membuka TPS baru.

Dalam proses pendataan akan meliputi pencatatan pemilih apakah memenuhi persyaratan atau tidak, serta mencoret pemilih yang pindah domisili atau yang meninggal serta disabilitas.

Pantarlih tersebut dalam melakukan pencoklitan juga diawasi oleh pengawas kelurahan/desa yang merupakan jajaran dari panitia pengawas pemilu kabupaten karimun.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*